Velg Mobil Berbobot Ringan Di Jaman Now

Velg Mobil Berbobot Ringan Di Jaman Now

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2018-06-23 Hits: 282 Comment: 0

Era sekarang ini, produsen velg mobil berduyun-duyun untuk menghasilkan produk velg mobilnya dengan bobot semakin ringan, tetapi tetap pada kualitas kuatnya, misalnya saja berbahan alloy. Ini berlaku baik produsen velg mobil dari Jepang atau juga Eropa. Sebab, karakter velg mobil inilah yang lebih banyak dicari oleh konsumen.

Meskipun seperti itun, sekitar puluh tahun lalu karakter velg mobil banyak yang berbeda, terutama dari Jepang dan juga Eropa. Velg Mobil dari Jepang diketahui lebih ringan jika dibandingkan velg mobil dari Eropa. Hal ini dinyatakan oleh pemilik bengkel custom velg RForged, Rachmat Sudrajat.

Mengenai bobot yang ringan ini, Rachmat menyatakan bahwa penyebabnya ada pula pada bahan baku yang dipakai serta proses pembuatannya. "Dalam proses pembuatannya, bahan terus dipres, dirapatkan sehingga semakin tidak ada rongga udaranya. Itu yang membuat velg mobil menjadi ringan atau tidak," jelasnya.

Velg mobil yang ringan, mempunya keuntungan tersendiri. Misalnya menjadikan kendaraan itu sendiri makin hemat bahan bakarnya, meski tidak terlalu signifikan. Selain itu, keuntungan velg mobil berbahan alloy lainnya yang didapat adalah kekuatannya velg mobil itu sendiri sehingga dapat memperbaiki traksi, atau gaya gesek maksimal yang dapat dihasilkan antara dua permukaan (velg mobil dan ban mobil) tanpa mengalami slip.

Selain keringanannya, yang membedakan keduanya pun juga dari tampilan. Rachmat menjelaskan juga bahwa karakter velg mobil Jepang lebih ke bagian jari-jarinya, sementara itu karakter Eropa bertipe blok. "Tapi sekali lagi, itu pada waktu dulu, di era sekarang relatif sama. Kalau sekarang berubah-ubah" imbuhnya.

Meskipun demikian, mereka yang sudah banyak memahami seluk beluk dunia velg mobil, jadi lebih mudah mengetahui apakah velg mobil itu asal mana. "Umumnya ada beberapa karakter yang tidak semua orang mengerti.