Tips Memperbaiki Keadaan Body Mobil Yang Sudah Keropos

Tips Memperbaiki Keadaan Body Mobil Yang Sudah Keropos

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2018-12-03 Hits: 331 Comment: 0

Menatapi bagian body mobil yang sudah keropos tentunya bukanlah pemandangan yang dapat memanjakan mata. Selain itu, keroposnya bagian body mobil juga berkesan bahwa seseorang pemilik mobilnya kurang perhatian pada mobilnya dan tentunya akan memancing perspektif negatif lain juga. Dan jeleknya lagi, body mobil yang sudah keropos itu dapat menular pada bagian mobil lainnya, sehingga penampilannya dan kinerjanya akan sangat terganggu.

Yang menjadi penyebab dari keroposnya pada body mobil adalah terdapat beberapa hal, seperti terdapatnya garam yang menempel pada body mobil, adanya air yang tergenang pada body mobil di waktu yang cukup lama dan tidak dikeringkan dan akhirnya terjadilah proses korosi.

Pakai Epoxy Pada Area Yang Mengalami Keropos Kecil

Memperbaiki area body mobil yang telah mengalami keropos kecil, Anda dapat memakai amplas dan epoxy guna menghilangkan keroposnya pada bagian body mobilnya. Epoxy juga dapat Anda pakai demi mencegah dan mengurangi resiko karat untuk ke depannya. Kisaran harga epoxy itu sendiri cukup relatif murah, yaitu di kisaran sekitar Rp 80.000,- saja Anda sudah bisa mendapatkan Epoxy.

Pendempulan Pada Area Keropos Yang Besar

Jika keroposnya dengan area besar memang dapat dikatakan cukup sulit untuk memperbaikinya. Akan tetapi, Anda dapat memperbaikinya dengan cara amplaskan pada bagian body mobilnya dahulu guna menghaluskan dan meratakan pada permukaan body mobil yang keropos.

Apabila permukaannya sudah dirasa cukup halus, body dapat di lap memakai degreaser guna membersihkan sisa-sisa serpihannya. Pakailah Epoxy Primer Surfaces supaya tekstur ratanya menjadi lebih maksimal. Namun bila pada titik keroposnya itu sudah terlihat dalam dan parah, maka Anda dapat mendempul dengan tujuan guna menambal pada beberapa bagian yang keroposnya supaya permukaannya bagus dan rata.

Teknik Panel

Bagi Anda yang seorang kolektor mobil tua, dapat memakai panel apabila mobil Anda mulai keropos. Tekniknya yang ini memang diperlukan ketelitian tingkat tinggi dan sangat tidak diperbolehkan ngawur karena khawatir kondisinya akan semakin jelek. Tahap awalnya teknik penggunaan ini Anda diharuskan dapat menentukan pada titik bagian mana yang Anda ingin perbaiki duluan.

Anda juga dapat memakai degreaser dan thinner guna membantu kerja Anda. Setelah itu, amplaskan pada bagian mobil dengan scotch brite demi hasil yang baik dan antara permukaan cat dan bodi mobil melekat dengan sempurna.

Proses pergantian panel plat ini dapat mengakibatkan warna cat menjadi lebih kusam dan tidak menarik lagi untuk dipandang mata. Demi membuat warna cat mobilnya tetap terlihat baru, Anda dapat memakai cat primer sesuai dengan warna yang menyatu dengan cat mobil. Biasanya, pada bagian yang terpasang panel berada pada bagian pintu bawahnya karena pada bagian ini yang menjadi seringnya terkena kotoran air saat musim penghujan tiba.