Suzuki Jimny Menjadi Design Terbaik

Suzuki Jimny Menjadi Design Terbaik

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2018-10-06 Hits: 217 Comment: 0

Sebuah ajang dari "Good Design Awards" baru saja menyampaikan daftar dari 100 pemenang mobil yang terbaik. Dan di antara sekian banyaknya pemenang adalah Suzuki Jimny, yang jadinya dilakukan design ulang. Jimny mempunyai nama yang menjadi legenda. Ketika pada generasi ke 4 telah dirilis awal tahun ini, ia mendapat banyak pujian secara universal, dari segi nilai estetika retro yang looking good.

Beberapa masih membandingkan dengan Mercedes G-Wagen. Jujur, kami tidak suka dengan perbandingan seperti itu, sebab desain Suzuki Jimny adalah manifestasi dari wujud aslinya dari tahun 1970-an dan bukan merupakan bagian dari Mercedes. Lalu G-Wagen menjadi simbol status, sementara Suzuki Jimny lebih irit isi kantong menjadi daya tarik untuk masing-masing orang. Kami pun setuju sekali bahwa desain Suzuki Jimny layak diberikan sebuah apresiasi.

Penyelenggara GDW atau kepanjangannya adalah Good Design Awards, spertinya memang tidak mengumumkan sebuah informasi mengapa Suzuki Jimny, khususnya, diberikan sebuah kehormatan seperti itu. Namun terdapat fakta untuk diketahui. Suzuki Jimny adalah sebuah mobil yang mudah diakses. Maksudnya adalah mengacu pada sebuah nilai ergonomis. Praktis, terutama pada takaran ukurannya.

Perlu diingat juga bahwa di negara Jepang sana, Suzuki Jimny juga dipasarkan sebagai kei car. Cocok untuk menjelajah jalanan yang kecil. Terlebih lagi, unsur kotaknya yang bergaya retro tidak mematikan beberapa fungsional pada mobil, sebagai kendaraan yang penuh utilitas. Kenyataannya Suzuki Jimny ini telah memenangkan penghargaan dari segi desain yang fantastis, tentunya bernilai jual tinggi.

Di negara Indonesia, Suzuki Jimny diperkenalkan pada sebuah panggung di acara GIIAS tahun 2018 ini. Dan tidak diketahui kapan pastinya Suzuki Indonesia memasarkannnya. Jika Suzuki hanya menjual sebanyak 100 unit dan bisa dikatakan berbanderol seharga Rp 350 juta, Pasti para pecintanya langsung siap menyerbu. Suzuki Jimny diprediksi akan ludes layaknya jualan kacang goreng. Namun secara skema bisnis Suzuki Jimny ini tidak mau seperti itu. Suzuki Indonesia ingin menjualnya dalam jumlah yang banyak sekalian.

Itulah mengapa, Suzuki masih saja mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Termasuk untuk urusan nilai tukar mata uang rupiah kepada dolar AS yang semakin tak karuan. Padahal jantung mekanis 1.5L Suzuki Jimny ini dibuat di sini. Mesinnya yang sama atau mirip dengan mobil Suzuki Ertiga. Mungkin juga ongkos produksinya yang bisa menjadi kecil, setelah dilokalisasi. Mereka sudah membuka pesanan bagi peminat Suzuki Jimny yang ada di Indonesia ini, sejak acara GIIAS tahun 2018 ini.

Ada beberapa kalangan lainnya yang menunggu, berarti bukan hanya kita saja. Pasar Amerika Serikat juga mengharapkan masuk. Dan mereka menjawabnya dengan 'no comment' untuk pasar AS, saat dikonfirmasi di Paris pada sebuah acara Auto Show. Ambil saja contohnya adalah dari Wrangler, salah satu dari seluruh mobil yang paling populer di sana. Bahkan dari Ford dan Land Rover juga akan segera memulai debutnya, dengan kendaraan off-road nya yang kecil mereka sendiri. Ukuran Suzuki Jimny yang ringkas dan desain juga yang bermutu, sebenarnya membuat pasar menjadi terbuka lebar. Tentu menarik untuk bisnis.