Pengunaan Oli Untuk Mobil Bertransimisi CVT

Pengunaan Oli Untuk Mobil Bertransimisi CVT

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2018-10-03 Hits: 164 Comment: 0

Mobil yang bertransmisi CVT di Indonesia layaknya seperti, Toyota Prius Hybrid, Honda Mobilio dan All New Camry. Adalah sebagian besar dari mobil Hybrid yang telah menggunakan bertransmisi CVT, karena rasanya lebih halus dan tentunya pasti irit akan bahan bakarnya.

Terkait akan perawatan dari mobil yang bertransmisi CVT ini tentunya tidak bisa dengan sembarangan mengganti olinya. Biasanya para pihak produsen sudah membekali pelanganggannya demi dapat mengganti pelumas CVT yang sesuai dengan rekomendasi. Jika melakukan pergantian oli dengan sembarangan akan menjadikan mobil bertransmisi CVT itu jadi cepat rusak dan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dikarenakan pada sistem elektroniknya yang disematkan ke dalam transmisi CVT.

Terdapat dua jenis transmisi CVT fluid yang diproduksi oleh HPM. Bagian kiri untuk transmisi CVT pada generasi pertama, sedangkan pada bagian kanan untuk generasi keduanya. Generasi pertama khusus untuk mobil Honda Jazz L15A i-DSI dan VTEC. Sedangkan untuk generasi kedua untuk Honda Mobilio dan All New Honda Jazz generasi ketiganya. Dianajurkan untuk tidak salah pilih meskipun sama-sama bertransmisi CVT, namun spesifikasi oli jelas berbeda. Transmisi CVT pada generasi pertama diciptakan oleh Eneos, dan pada generasi kedua diciptakan oleh Idemitsu.

Harus selalu diperhatikan agar supaya pengisian oli menjadi tidak melewati batas atas, karena apabila terjadi hal demikian kendaraan Anda akan terasa berat ketika melaju, kejadiannya mirip seperti pada kopling yang slip pada transmisi manual. Sebaliknya apabila kurang, malah akan menyebabkan panas yang berlebih pada girboks.

Catatan penting! jangan pernah melakukan penambahan dengan oli bertransmisi CVT yang bermerek dan bertipe lain sedikitpun.