Mempelajari Arti Dari Offset Sebuah Velg Mobil

Mempelajari Arti Dari Offset Sebuah Velg Mobil

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2018-09-27 Hits: 200 Comment: 0

Modifikasi yang dilakukan paling umum oleh orang banyak pada mobilnya adalah dengan mengganti velg mobil. Sepertinya memang 'tak ada cara lain yang lebih cepat lagi dan lebih efektif demi meningkatkan penampakan mobil jika dibandingkan dengan menganti velg mobil.

Apakah itu bisa dikatakan hanya ingin desain supaya terlihat lebih menarik lagi namun ukuran velg mobilnya sama dengan ukuran velg mobil OEM atau kepanjangannya Original Equipment Manufacturer ini atau dengan mengganti dengan ukuran velg mobil dengan ukuran yang lebih besar dan lebih lebar demi untuk alasan estetika lainnya.

Ketika Anda mencoba untuk mengganti ukuran velg mobil Anda, hal yang perlu perhatikan biasanya untuk setiap mobil mempunyai ruang fender yang dapat dimaksimalkan hingga dua (2) inci yang lebih besar dari ukuran velg OEM sendiri.

Andai velg dari bawaan mobilnya berukuran ring 15 inci, itu berarti ruang fender dari bawaannya kemungkinan dapat memuat hingga ukuran velg dengan ring 17.

Jika Anda bermaksud untuk memaksakan dengan ukuran velg mobil yang lebih besar lagi dari ukuran tersebut, biasanya diharuskan mengubah bentuk dari fender bawaannya. Baik dengan cara mencoak, merobbek atau dengan fender roll.

Nah, jika kasusnya lain lagi jika membahas soal pilihan ukuran ban yang tepat supaya performa berkendara mobil tetap sama seperti sebelumnya.

Form Over Function

Ketika Anda melakukan pergantian untuk ukuran velg mobil kesayangan Anda, keseluruhan ukuran diameter pada ban dan velg baru yang dipasang haruslah disesuaikan untuk menjaga bagi si pengendaraan mobil tidak menjadi berubah secara drastis, kecuali jika Anda memilih style ketimbang fungsinya.

Sebagai contohnya, ketika Anda memasang sebuah velg mobil yang ukurannya lebih besar satu inci saja daripada velg bawaannya, berarti profil pada ban baru harus lebh kecil satu inci demi menjaga diameter keseluruhan pada rodanya tetap sama.

Begitupun juga sebaliknya, jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini disebut dengan sebutan trik ukuran minus-satu atau plus-satu

Offset (ET) bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam memasang dan memilih velg baru. Offset (ET) yang biasanay juga disebut dengan istilah 'ET', adalah "jarak antara bagian pada penampang tengah velg dari garis tengah velg."

Jika angka pada Offset (ET) velgnya positif, itu artinya posisi penampang tengah pada velg cenderung menjadi ke bagian sisi luar velg. Sebaliknya jika Offset (ET) pada angka negatif, itu berarti posisi penampang pada tengah velg cenderung menjadi ke bagian dalam velg. Jika pada angka nol (0), artinya posisi lubang velg tepat berada pada garis bagian tengah velg.

1. Jika semakin kecil ukuran Offset (ET) pada velg, maka bibir velg terluar akan menjadi semakin mendekat atau bahkan keluar dari fendernya.
2. Dan sebaliknya, jika Offset (ET) pada velg membesar atau pada angka positif, maka bibir velg terluar akan semakin masuk kedalam.

‚Äč

Bahaya Memilih Offset (ET) Yang Salah

Jika terlanjur memasang velg dengan Offset (ET) yang tidak sesuai, resikonya adalah velg mobil terpasang sangat jauh pada dalam fender roda, menyebabkan tepi pada bagian velg mobil dalam atau bibir terdalam dari velg menjadi bergesekan dengan suspensinya yang sudah pasti sangat berbahaya.

Sebaliknya, jika velgnya terpasang sangat jauh keluar dari fendernya, dapat menyebabkan dinding pada ban saling bergesekan dengan fendernya (hanya jika lipatan pada bagian dalam fender masih belum di-roll) yang akan memperpendek umur atau bahkan bisa merobek bannya dan pastinya merusak bentuk fender yang juga pastinya berbahaya.

Istilah ini terkenal dengan sebutan "Rubbing" atau "Gesrot" pada bahasa Indonesianya. Perlu diketahui juga bahwa dinding ban adalah bagian tersulit untuk dideteksi kerusakannya, 'tak seperti pada permukaan ban.

Idealnya, Offset (ET) dari velg yang baru 'tak lebih dari 5, baik itu lebih kecil ataupun lebih besar dari Offset (ET) pada velg OEM atau bawaan mobilnya. Jika besarnya Offset (ET) pada velg OEM sekitar 15, artinya velg mobil baru Anda sebaiknya memiliki Offset (ET) pada angka 10 atau angka 20. Harus selalu diingat juga bahwa jika mengubah besaran Offset (ET) secara drastis akan juga berpengaruh bagi si pengendaraan mobil Anda.