Berteduh Sembarangan Saat Hujan, Kena Tilang!

Berteduh Sembarangan Saat Hujan, Kena Tilang!

Write By: VelgMobil Published In: Lifestyle Created Date: 2018-12-10 Hits: 337 Comment: 0

Penampakan yang tidak jarang terlihat saat memasuki musim penghujan seperti sekarang, banyaknya pengendara sepedah motor yang menepi untuk berteduh di area bawah kolong underpass atau flyover. Tentunya di beberapa wilayah DKI Jakarta, hal itu dapat menyebabkan macetnya jalanan di sekitarnya.

Karena, pengendara sepedah motor yang berteduh mengambil sebagian jalanan sehingga kendaraan yang lainnya yang melintas di sekitar situ jadi terhambat. Karena itu bagi pengendara sepedah motor itu sendiri diperlukan kesadaran untuk tidak berhenti sembarangan di area bawah jembatan ketika hujan sedang turun.

Menurut AKBP Budiyanto selaku dari Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, jika mengarah kepada peraturan dan undang-undang lalu lintas, pengendara sepedah motor tersebut dapat dikenai pasal tilang.

"Jadi seharusnya itu tak boleh dilakukan karena dapat arus lalu lintas dapat terganggu," tutur dari Budiyanto (7/12/2018).

Setiap petugas yang sedang kebetulan melihat hal itu terjadi demikian diharapkan untuk memerintahkan kepada para peneduh untuk meninggalkan area karena akan berdampak kepada terganggunya atau kemacetan arus lalu lintas di sekitar peneduh.

"Jika ada perintah seperti itu, para pengguna jalan diharuskan untuk mematuhi perintah dari petugas tersebut. Jika kedapatan tidak patuh pada perintah itu, itu dianggap pelanggaran lalu lintas, yang telah diatur dalam Pasal 282 dengan ketentuan sebagai pidana 1 bulan kurungan penjara atau dikenakan denda sebesar Rp 250.000,-" terang Budiyanto.