Aki Kering Atau Aki Basah, Mana Yang Lebih Baik?

Aki Kering Atau Aki Basah, Mana Yang Lebih Baik?

Write By: VelgMobil Published In: Automotive Created Date: 2019-03-26 Hits: 379 Comment: 0

Seperti sudah jelas untuk kita ketahui semua, bahwa accu adalah salah satu bagian terpenting yang tidak bisa terpisah dari kendaraan mobil Anda. Bagaimana tidak, accu yang mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga energi listrik untuk seluruh bagian mesin kendaraan mobil Anda. Dari bagian klakson, lampu, starter, pengapian, dan lain-lain. Jika tidak ada accu, tentu mobil Anda tidak dapat dioperasikan secara baik, maka itu di angka berapa saja untuk harga accu mobil pastinya akan dibeli oleh si pengendara.

Berbicara tentang accu mobil, apakah Anda tahu bahwa di Indonesia terdapat dua jenis accu, yaitu accu basah sekaligus accu kering. Apakah keduanya ini ada bedanya? Di bawah ini adalah penjelasan ringkasnya ya.

Accu Basah
Accu basah atau biasa yang kita sebut accu konvensional adalah jenis accu yang sering digunakan bagi pengendara untuk mobilnya. Accu basah ini bersifat lebih cepat menguapnya dikarena mengandung elektroda yang bercair. Dikarenakan ada cairan di dalam accunya, maka di saat pemasangan ke dalam mobil haruslah pada posisi tegak lurus. Jika tidak demikian, maka nantinya malah cairannya yang ada di dalam accunya jadi tumpah dan lama-lama dapat berakibat karatan pada komponen yang berada pada sekitar accunya. Yang paling memberi keuntungan, accu ini dapat digunakan untuk waktu yang lama, namun diperlukan juga perawatan khusus misalnya rajin melakukan pengecekan pada kondisi accunya, cek ketinggian airnya, bersihkan pada sisi kutub positif dan negatif accu dari karatan, dan lainnya.

Aki Kering
Berjalannya waktu perkembangan zaman, accu pun pada masa sekarang sudah ada dibuat juga ke dalam bentuk keringnya. Tidak beda jaduh halnya dengan accu basah, accu kering juga mempunyai fungsi untuk menyimpan sekaligus untuk menyalurkan energi listrik kepada semua bagian mesin mobilnya. Namun, ada bedanya accu kering ini mempunyai bentuk gel sehingga tidak harus menambahkan layaknya accu basah yang harus ditambah dengan air biasa. Menariknya lagi, pemakaian accu ini dirasa lebih praktis, minimnya perawatan, dan tahan dalam jangka waktu yang lama jika dibanding dengan accu basah. Karena itu, tidak heran banyak pengendara yang memilih accu yang satu ini. Meski begitu, accu kering tentu juga harus selalu dirawat dengan menggunakan elektrik starter, tidak lewat untuk memanaskan mesin mobil, dan banyak hal lainnya.